Pada tahun 2012, jumlah gerai Alfaria sudah mencapai lebih dari 7063 dimana sebanyak 1.266 dibuka pada tahun 2012. Komposisi jumlah gerai adalah 5009 gerai sendiri dengan 2054gerai waralaba. Sementara komposisi geografisnya adalah 43% di wilayah Jabodetabek dan sisanya 57% di luar Jabodetabek.
AFN melihat strategi ekspansi ini memiliki kelebihan dan kelemahan.
Kelebihannya adalah pasar konsumen di Indonesia, terutama di luar Jabodetabek masih memiliki ruang untuk tumbuh, terutama untuk minimart sebagaimana yang disediakan oleh Alfaria. Hal ini membutuhkan langkah cepat dari Alfaria untuk segera merebut peluang ini sebelum direbut oleh pesaing-pesaingnya baik yang sudah eksis seperti Indomaret maupun pesaing-pesaing baru, terutama di daerah yang belum merupakan area kekuasaan Alfamart.
Sementara menurut AFN kelemahannya adalah di kekuatan neraca Alfaria sendiri:
Total Liabilitas Alfaria Sangat Besar |
2. Kewajiban Alfaria sudah cukup tinggi, yaitu Rp 6,59 triliun dibandingkan ekuitas yang hanya Rp 2,08 triliun. Sebagian besar kewajiban ini adalah kewajiban jangka pendek sebesar Rp 5,31 triliun yang tidak mampu dipenuhi hanya dengan aset jangka pendek yang hanya Rp 4,51 triliun.
No comments:
Post a Comment