Friday, September 12, 2014

Kerjasama Ramayana dengan SPAR Akan Dorong Pertumbuhan

Jakarta, 12 September 2014 – PT Ramayana Lestari Sentosa, Tbk (RALS), pemilik merek Ramayana, Robinson dan Cahaya,  bekerjasama dengan SPAR International, B.V., perusahaan asal Belanda, untuk mengembangkan bisnis supermarket. ASCEND melihat kerjasama ini akan memberikan keuntungan RALS, baik dari sisi pertumbuhan penjualan, finansial, maupun manajemen operasional.

SPAR International adalah salah satu supermarket chain terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 12.000 toko di 35 negara termasuk di Afrika Selatan dan Cina. Pendapatan SPAR International pada tahun 2013 mencapai €32,18 miliar yang didukung oleh 6,82 juta m2 area toko, di mana satu tokonya memiliki luas rata-rata 560 m2.

Di dalam surat keterbukaan informasi, Ramayana menyatakan bahwa perusahaan akan masuk ke dalam keanggotaan SPAR International, yang mana SPAR  akan memberikan rekomendasi dan jasa kepada perusahaan untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerjanya. SPAR telah dengan sukses mengembangkan sistem purchasing, warehousing, distribusi, marketing, dan penjualan makanan dan non makanan di berbagai gerainya.

Dengan kerjasama ini, Ramayana akan melakukan rebranding menjadi supermarket SPAR. Selain itu, sebanyak 30 supermarket SPAR baru akan dibangun di seluruh Indonesia dalam waktu 3 tahun. Gerai yang pertama rencananya akan dibuka sebelum tahun 2014 berakhir.  Pembangunan gerai akan difokuskan pada wilayah Jabodetabek dan pulau Jawa. Dari peningkatan gerai ini diharapkan kinerja Ramayana dapat tumbuh paling tidak mendekati rata-rata industrinya.

Kinerja Ramayana, walaupun tumbuh, namun tidak setinggi rata-rata pedagang ritel lainnya. Pendapatan perusahaan hanya tumbuh 7% menjadi Rp 2,66 triliun di tahun 2014, sementara secara rata-rata industri tumbuh 21,1%. PT Mitra Adiperkasa, Tbk (MAPI), misalnya, membukukan pertumbuhan 25,6%. PT Matahari Department Store, Tbk (LPPF) membukukan pertumbuhan 21,5%. Untuk mengejar ketertinggalan ini, manajemen Ramayana ingin lebih agresif di dalam penjualan produk-produk makanan.

ASCEND melihat bahwa kerjasama dengan SPAR International ini akan membuahkan beberapa keuntungan. Pertama adalah transfer kompetensi dalam hal manajemen pengelolaan supermarket berskala besar dengan kualitas internasional. Kedua, dengan lokasi-lokasi strategis yang telah dimiliki oleh Ramayana, perubahan ini dapat mempercepat pertumbuhan yang diharapkan paska perubahan manajemen operasional. Ketiga, Ramayana tidak lagi identik dengan supermarket “pasar” melainkan dapat rebranding menjadi supermarket “internasional” yang dekat dengan masyarakat.


Jelas kerjasama ini diapresiasi pasar, melihat kepada harga saham RALS yang naik dalam 3 hari terakhir ini, yaitu paska keterbukaan informasi. 


No comments:

Post a Comment